Twitter Facebook Delicious Digg Stumbleupon Favorites More
Selamat datang di situs saya semoga kalian bisa mendapatkan informasi dari blog ini.

Sunday, August 15, 2021

Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat untuk Jogging

Jogging adalah olahraga sederhana yang bisa dilakukan kapan saja. Meski terbilang sederhana, sebelum memulai jogging Anda perlu persiapan matang, tak terkecuali dalam pemilihan sepatu. Karena sepatu merupakan pelindung kaki agar tidak mudah cedera saat jogging. Jadi ini adalah salah satu ritual yang tidak boleh dilewatkan oleh pelari.

Sepatu yang tidak tepat digunakan untuk jogging berisiko menyebabkan cedera pada kaki. Agar tidak terjadi pada Anda, Anda harus memperhatikan tips memilih sepatu olahraga untuk jogging berikut ini agar aktivitas jogging Anda tetap nyaman. Yuk, simak beberapa tipsnya!

Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat untuk Jogging

Perhatikan jenis kaki

Kenali bentuk dan jenis kaki Anda. Jika kaki Anda memiliki lengkungan yang rendah, Anda membutuhkan sepatu yang relatif datar. Sedangkan jika lekukan kaki terlihat dalam, Anda perlu mencari sepatu dengan sol lembut di tengahnya. Hal ini juga berlaku jika Anda seorang pelari pemula. Wajib memilih sepatu dengan bantalan empuk untuk memberikan kenyamanan saat berlari.


Pilih sepatu khusus jogging

Saat membeli sepatu jangan hanya terpatok pada model yang keren, tetapi juga perhatikan fungsinya. Sepatu Untuk Lari tentu memiliki spesifikasi yang berbeda dengan sepatu sneakers biasa. Saat jogging kamu membutuhkan sepatu yang ringan kaki bisa lebih cepat berlari. Karena itu, pilihlah sapatu khusus jogging atau running.


Pilih yang ukurannya tidak terlalu pas

Jangan memilih sepatu dengan ukuran yang sangat ngepas. Hal ini berguna utnuk memberikan ruang pada kaki ketika mengembang. Karena itu, sangat disarankan, nih, untuk membeli sepatu lari di malam hari. Umumnya kaki akan membesar di malam hari setelah seharian digunakan beraktivitas sehingga membantu menghindari kamu dari kesempitan.

Menurut penelitian sepatu olahraga yang baik adalah sepatu yang memberikan ruang bebas pada jari-jari saat dikenakan berolahraga. Setidaknya ada jarak 0,5 inci antara jempol kaki dan ujung sepatu. Agar anda tidak cidera saat menggunakan dalam aktivitas olahraga.


Perhatikan berat badan

Jika kamu memiliki berat badan di atas normal, sebaiknya kamu memilih model sepatu lari dengan bantalan yang lebih tebal. Ini berguna untuk melindungi kamu dari cedera saat terjadi hentakan kaki bertemu dengan permukaan. Semakin berat bobot tubuh kita, semakin besar juga benturan kaki ke permukaan.


Cek kelenturan sepatu

Biasakan untuk mengecek kelenturan sepatu sebelum membeli. Caranya dengan melihat dan menekuk bagian depan sepatu saat berlari. Rasakan apakah bagian lekukan cukup lentur dan nyaman. Jika kamu merasa sepatu masih terlalu kaku, artinya tidak cocok digunakan untuk jogging dan berpotensi membuat kaki cedera.


Coba sepatu selama beberapa menit

Saat membeli sepatu cobalah memakai sepasang sepatu, dan lakukan beberapa gerakan berbeda selama beberapa waktu, misalnya berjalan kaki atau jogging. Rasakan kenyamanan pada kakimu saat menggunakannya. Jika tidak 100% nyaman sebaiknya jangan dibeli, dan pilih sepatu lain yang benar-benar menyamankan kakimu saat digunakan.


Sesuaikan dengan medan lari

Saat memilih sepatu untuk jogging, sebaiknya kamu sudah mengetahui medan lari yang akan kamu lalui. Apakah kamu hanya akan jogging di jalanan kota, treadmill, atau lari lintas alam?

Berbeda medan lari maka beda pula sepatu yang harus kamu pilih. Misalnya, untuk lari di jalanan kota yang beraspal kamu cukup membeli road running shoes. Namun jika berniat untuk lari lintas alam, kamu harus membeli sepatu cross-training.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Copyright © sideprotea.net | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com & Distributed By Protemplateslab